Thursday, February 4, 2016

6 Tanda - Tanda Bayi Anda Akan Segera Lahir

Menunggu kehadiran buah hati lahir ke dunia merupakan saat-saat yang menggembirakan sekaligus mengkhawatirkan. Masa kehamilan yang sudah memasuki bulan-bulan delapan dan sembilan, menjadi sebuah acuan dalam persiapan persalinan. Beberapa hal yang dapat anda perhatikan ketika sudah memasuki kehamilan tua yaitu tanda-tanda bayi akan lahir. Karena dengan mengetahui beberapa tanda akan melahirkan, anda dapat dengan segera mempersiapkan persalinan. Tanda-tanda tersebut antara lain:

Tanda - Tanda Bayi Akan Segera Lahir

Kenali Tanda Tanda Anda Akan Segera Melahirkan

A) sakit punggung

Seorang ibu yang akan melahirkan memiliki gejala sakit punggung yang tak biasa. Hal ini menjadi gejala yang umum terjadi pada ibu hamil, namun berbeda sakitnya ketika itu merupakan tanda segera melahirkan karena sakit punggung tersebut disebabkan oleh tekanan panggul akibat posisi bayi yang mulai turun dan berada di area panggul.

B) timbul rasa mulas

Rasa mulas yang dirasakan ibu yang akan melahirkan, bukan disebabkan karena ingin buang air besar, tetapi itu merupakan reaksi bayi yang akan keluar.

C) keluar lendir

Lendir yang dikeluarkan vagina menunjukkan debit yang bertambah, hal tersebut dikarenakan sudah dekatnya waktu bayi keluar.

D) keinginan buang air kecil

Keinginan buang air kecil yang anda rasakan tidak dapat ditahan, dikarenakan bayi semakin mendorong ke arah bawah.

Baca juga : Tips Memandikan Bayi Yang Baru Lahir

E) kontraksi

Kontraksi hebat, disertai rasa mulas serta sakit di pinggang dan paha.Segeralah pergi ke dokter atau tenaga medis terdekat jika kontraksi semakin kuat dan muncul secara teratur (3-5 menit), dan durasi 45-60 detik. Kontraksi yang seperti itu adalah tanda-tanda bayi akan lahir.

F) air ketuban pecah

Air ketuban dapat pecah tanpa diawali rasa mulas dan kontraksi.Cairan air ketuban keluar tanpa bisa ditahan.Oleh karena itu, jika cairan yang keluar tidak berbau, jernih, dan tentunya bersih, maka itu dapat dipastikan sebagai air ketuban.Ketika hal tersebut terjadi, anda harus segera pergi ke dokter untuk menghindari terjadinya infeksi pada kandungan anda.

Artikel Lainnya : Tips Mengatasi Kondisi Lemas Setelah Melahirkan

Perlu anda ketahui, terkadang ibu hamil juga merasakan seperti halnya akan melakukan persalinan. Hal itu dapat diketahui dari gejala yang dirasakan yaitu kontraksi yang tidak kuat, terasa nyeri pada perut bagian bawah. Kontraksi yang anda rasakan juga akan berhenti jika anda mengubah posisi tidur atau posisi duduk anda. Tanda-tanda tersebut bukanlah tanda persalinan sudah dekat, melainkan persalinan semu.Persalinan yang normal atau kelahiran cukup bulan biasanya terjadi pada masa kehamilan minggu ke 38 hingga 42, yang dihitung mulai hari pertama haid terakhir (hpht).Apabila ibu hamil melakukan persalinan sebelum minggu ke-38, maka persalinan tersebut disebut sebagai kelahiran prematur, dan apabila persalinan yang terjadi setelah minggu ke-42, disebut sebagai kelahiran lewat waktu.