Tuesday, March 8, 2016

2 Cara Membuat Menu Sarapan Praktis untuk Diet

Salah satu cara yang dilakukan seseorang untuk menjaga kesehatan adalah dengan melakukan program diet. Saat ini, diet sudah menjadi lifestyle bagi sebagian kalangan masyarakat, umumnya masyarakat kelas menengah ke atas. Program diet tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang mengalami permasalahan berat badan atau penyakit tertentu seperti kolestrol, darah tinggi, permasalahan jantung dan lambung, dan lain sebagainya. Diet bahkan dilakukan oleh masyarakat biasa dengan kesehatan yang baik. Diet menjadi penting untuk dilakukan oleh seseorang untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan tubuh mereka.
Diet yang baik dilakukan dengan mengatur pola makan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Keberhasilan program diet biasanya terlihat dari seseorang yang berniat menurunkan berat badan. Seseorang yang melakukan program diet perlu mengatur pola makan dan memilah menu makanan yang sehat dan layak konsumsi. Pada umumnya, makanan tersebut adalah makanan rendah lemak, dan rendah kolestrol.

Cara Membuat Menu Sarapan Praktis untuk Diet
Menu makanan sehat dapat diterapkan pada menu sarapan pagi. Meskipun banyak yang beranggapan bahwa sarapan pagi akan menggagalkan program diet, pendapat tersebut tidak benar adanya. Justru, pemilihan menu sarapan yang sehat dan tepat akan memicu keberhasilan program diet. Menu sarapan yang baik terdiri dari makanan yang rendah lemak dan kalori. Oleh karena itu, akan dibahas resep terbaik dan praktis untuk menu sarapan yang bisa dibuat sendiri di rumah di bawah ini.

Panduan Resep untuk Menu Sarapan Saat Diet

1. Roti gandum dan omelet brokoli
Cara membuat menu ini tidak sulit atau memerlukan waktu yang lama. Resep ini sangat cocok untuk dihidangkan pada waktu sebelum waktu kerja atau sekolah karena menu ini sangat sederhana dan praktis untuk disajikan. Berikut bahan-bahan serta cara untuk membuat roti gandum dan omelet brokoli.
lihat juga : Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Rasa Lapar

Bahan-bahan:
Brokoli
2 butir telur 
2 roti gandum yang telah dipanggang
Minyak atau margarin

Cara membuat:
  • Langkah awal yang dilakukan adalah menyiapkan potongan brokoli dalam ukuran kecil-kecil. Kemudian, merebus brokoli dengan api kecil hingga matang. 
  • Selanjutnya, mengocok telur dan menambahkan garam secukupnya. Untuk menambah cita rasa masakan, dapat ditambahkan bumbu atau penyedap rasa lainnya dengan ukuran yang pas atau tidak berlebihan. 
  • Kemudian, potongan brokoli yang telah direbus dimasukkan ke dalam kocokan telur yang telah diberi bumbu. Setelah itu, campur dan aduk hingga menyatu.
  • Langkah berikutnya, memasukkan minyak atau margarin ke dalam wajan yang sedang dipanaskan. 
  • Menggoreng campuran brokoli dan kocokan telur ke dalam minyak yang telah panas.
  • Setelah brokoli berwarna keemasan, mengangkat dan meniriskan omelet brokoli untuk disajikan dengan roti gandum. 
Baca juga : Cara Ampuh Hilangkan Perut Buncit

2. Smoothies Buah
Smoothies buah dapat disajikan sebagai minuman pelengkap roti gandum dan omelet brokoli di atas. Smoothies buah merupakan minuman yang cocok untuk orang yang sedang menjalankan program diet. Alasannya, minuman tersebut bermanfaat dalam membantu melancarkan pencernaan dan menahan nafsu makan lebih lama karena kandungan lemak yang terdapat dalam bahan susu yang digunakan. Berikut bahan dan cara pembuatan smoothies buah. 

Bahan-bahan:
7 buah stroberi
1 buah pisang
200 ml susu kedelai

Cara membuat:
1. Mengupas buah pisang dan membersihkan buah stroberi yang tersedia. Kemudian, memotong buah tersebut menjadi beberapa bagian.
2. Mencampur semua bahan yang telah disiapkan ke dalam blender hingga halus.
3. Menuangkan jus smoothies ke dalam gelas dan menambahkan granish untuk mempercantik penampilan smoothies agar lebih menggoda untuk dinikmati.

Artikel lainnya : Tips Diet Sehat Turunkan Berat Badan

Demikian beberapa resep menu diet yang dapat disajikan saat sarapan pagi. Resep tersebut tentunya sehat dan memiliki cita rasa yang enak sehingga kita tidak merasa tersiksa dengan program diet yang sedang dijalankan. Program diet dapat berjalan lebih baik dengan mengatur pola makan sehari-hari dengan menghindari makanan-makanan berlemak dan berkolestrol tinggi.