Friday, March 4, 2016

5 Cara Menjaga Kesehatan Jiwa dan Mental Agar Tetap Tenang

Kesehatan jiwa dan mental menjadi penentu kualitas seseorang. Untuk mencapai jiwa dan mental yang sehat, diperlukan keseimbangan intelektual, emosional, dan spiritual. Ketiga aspek tersebut harus dapat dikelola secara berkesinambungan dan tepat guna. Dan rata-rata orang sukses di dunia ini memiliki pengelolaan kecerdasan intelektual, emosi, dan spiritual yang baik. Mereka tidak hanya mencapai kesuksesan secara materi, tetapi juga memiliki kebermanfaatan sosial. 

Cara Menjaga Kesehatan Jiwa dan Mental
Diadaptasi dari Five Ways to Well Being tahun 2008 serta beberapa penelitian atau studi tentang kesehatan mental oleh 400 ilmuan di dunia, berikut dibahas beberapa saran untuk menjaga kesehatan mental dan jiwa.

Panduan Cara Menjaga Kesehatan Jiwa dan Mental

1. Interaksi Sosial
Selain sebagai makhluk individu, manusia juga merupakan makhluk sosial. Naluri manusia cenderung untuk berkumpul, berbincang, dan berbincang yang sudah menjadi budaya negeri tercinta, Indonesia. Perkumpulan terdiri dari berbagai macam bentuk seperti organisasi, arisan, atau dalam kalangan pemuda disebut nongkrong. Berbagai bentuk perkumpulan memang memiliki kepentingan masing-masing. 

Akan tetapi, pada dasarnya kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan interaksi sosial yang harmonis, guyub dan rukun. Suasana yang harmonis dari interaksi sosial akan memunculkan perasaan bahagia di dalam diri sendri sehingga dihasilkan energi positif dalam diri seseorang. Dengan adanya energi positif yang besar, maka diri kita terhindar dari stress, tekanan, maupun depresi yang dapat mengganggu keseimbangan mental dan jiwa yang bisa juga berpengaruh pada kesehatan fisik. Oleh karena itu, interaksi sosial dapat menjadi obat yang cukup mujarab untuk menjaga kesehatan mental. 

2. Menjadi Aktif
Dalam hal ini, kita perlu membiasakan tubuh untuk bergerak lebih aktif. Ada baiknya, kita perlu melakukan olahraga secara rutin. Olahraga yang dilakukan cukup olahraga ringan seperti bersepeda, berlari, jalan sehat untuk memperlancar peredaran darah. Tubuh yang bergerak akan menimbulkan efek energi positif yang membakar semangat untuk melakukan aktivitas. Dampaknya, kita dapat sejenak melepaskan diri dari beban kehidupan yang mengusik ketenangan jiwa. Selain itu, pikiran dapat jernih kembali.

Baca juga : Tips Mengubah Rasa Lelah Menjadi Semangat

3. Penghargaan Diri Sendiri
Hal ini dimaksudkan agar kita lebih peduli terhadap segala kelebihan diri sendiri. Terkadang, seseorang merasakan kehampaan hidup dan tidak ada gairah hidup. Seseorang sering merasa bahwa dirinya tidak berguna dan meratapi nasib hidupnya. Hal tersebut hanya akan menimbulkan depresi dan tekanan batin yang sia-sia. Akibatnya, kesehatan jiwa semakin melorot dan kemudian berdampak pada kesehatan fisik. Oleh karena itu, kita perlu menanamkan pada diri kita bahwa diri kita adalah anugerah terindah dan paling sempurna yang diciptakan oleh Tuhan. Perasaan yang puas dan syukur terhadap diri sendiri akan mengalirkan dan menebarkan energi positif ke lingkungan. 

4. Selalu Belajar dan Berlatih
Ilmu tidak hanya didapatkan melalui institusi formal. Ilmu pengetahuan dapat muncul dari berbagai macam hal, bahkan di lingkungan sekitar. Ilmu pengetahuan yang didapatkan di pendidikan formal juga memiliki peranan penting, tetapi kita harus belajar lebih banyak bagaimana ilmu pendidikan formal dapat diterapkan di dalam kehidupan realita. Aplikasi ilmu formal memerlukan kajian ilmu yang lebih mendalam yang disebut sebagai ilmu kehidupan. Oleh karena itu, kita perlu lebih peduli terhadap lingkungan sekitar serta belajar dan mengambil hikmah dari setiap pengalaman yang dialami. Dengan semakin banyaknya ilmu yang kita peroleh, jiwa dan mental kita akan lebih kuat dan berbobot untuk menghadapi berbagai macam tantangan hidup.

Lihat juga : Cara Mudah Meningkatkan Energi Tubuh

5. Berbagi
Ada pepatah mengatakan bahwa dengan memberi kita mendapatkan lebih. Pepatah tersebut cukup benar adanya dalam mengambarkan efek positif dari memberi. Dengan empati yang tinggi, naluri manusia akan terdorong untuk memberi dan berbagi kepada sesama bahkan seluruh makhluk di muka bumi. Berbagi tidak hanya dalam bentuk materi, akan tetapi cinta dan kasih sayang juga merupakan bentuk empati dan keindahan jiwa seseorang. Keindahan jiwa tersebut yang akan menghasilkan energi positif di dalam diri sehingga jiwa dan mental tidak hanya sehat tetapi juga semakin cantik. Dari kecantikan jiwa tersebut kita akan menerima lebih banyak dari semua yang kita berikan, yaitu dapat berupa kepuasan dan kebahagiaan tersendiri di dalam jiwa. 

Demikian beberapa cara-cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jiwa dan mental. Tips di atas diharapkan dapat membantu kita dalam menghadapi berbagai persoalan hidup yang semakin kompleks. Meskipun demikian, kesehatan jiwa dimulai pada kemauan diri sendiri untuk menerapkan beberapa saran yang telah dianjurkan untuk mencapai hasil yang maksimal.