Monday, March 21, 2016

5 Perbedaan Penyakit Sakit Kepala Migrain dan Vertigo

Sakit kepala bisa menyerang semua orang di segala usia baik yang masih muda seperti anak-anak dan remaja maupun yang sudah lanjut usia. Penyebab munculnya rasa sakit di kepala tidak hanya dikarenakan adanya suatu penyakit tetapi juga dapat menyerang secara tiba-tiba. Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa jenis sakit kepala yang dapat dialami oleh seseorang. Di samping itu, masing-masing jenis sakit kepala tersebut memiliki cara pengobatan dan penanganan yang berbeda satu sama lain. Berikut ulasan singkat mengenai perbedaan dua jenis sakit kepala yaitu migrain dan vertigo.
Perbedaan Jenis Penyakit Sakit Kepala Migrain dan Vertigo

Panduan Cara Membedakan Penyakit Migrain dan Vertigo


1. Jenis Rasa Sakit
Bagi Anda yang mengalami rasa nyeri pada salah satu atau kedua sisi kepala itu artinya Anda menderita migrain. Saat migrain menyerang, Anda akan merasa sangat tidak nyaman dan harus menghentikan seluruh aktivitas Anda untuk sementara waktu. Sedangkan bagi Anda yang mengalami vertigo, kepala Anda akan merasa pusing dan berputar-putar. Hal tersebut bisa mengganggu kesimbangan Anda. Untuk menghilangkan atau menyembuhkan penyakit vertigo, Anda hanya perlu berbaring dan beristirahat.

2. Waktu Kambuh yang Berbeda
Penyakit migrain bisa muncul sewaktu-waktu kemudian hilang dengan sendirinya. Jika Anda sering mengalami migrain, dalam waktu satu bulan Anda bisa mengalaminya kurang lebih sebanyak delapan kali. Sementara itu, Anda yang mengalami penyakit vertigo, penyakit tersebut juga datang sewaktu-waktu kemudian hilang, namun akan datang lagi dalam beberapa saat.

3. Gejala yang Menyertai
Gejala yang muncul pada penyakit migrain di antaranya yaitu pandangan menjadi berkunang-kunang atau tidak jelas, perut merasa mual dan ingin muntah. Sedangkan untuk penyakit vertigo, gejala lain yang menyertai yaitu mulai dari hilangnya keseimbangan tubuh hingga merasa mual dan ingin muntah.

4. Penyebab
Munculnya penyakit migrain disebabkan karena salah satu saraf yang terdapat pada otak mengalami tekanan yang diakibatkan adanya suatu hal yang memberatkan si penderita. Berbeda dengan migrain, penyebab penyakit vertigo yaitu kondisi tubuh penderita yang sedang tidak baik.

5. Waktu Penyembuhan
Penyakit migrain dan vertigo sama-sama memerlukan waktu penyembuhan yang cukup lama. Hal tersebut disebabkan karena adanya penyakit lain saat penyakit migrain atau vertigo muncul sehingga akan membutuhkan waktu yang lama untuk penyembuhannya.

Itulah sebagian besar hal atau faktor yang mendasari perbedaan dua jenis sakit kepala yaitu migrain dan vertigo. Dengan memahami perbedaan tersebut maka Anda pun akan bisa mengatasi penyakit migrain maupun vertigo dan dapat melakukan penanganan serta pengobatan yang tepat. Di samping itu, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter apabila sakit kepala yang Anda alami tidak lekas sembuh dan sakit yang dirasakan sudah cukup parah. Semoga informasi yang telah dibahas tersebut dapat bermanfaat.