Friday, March 25, 2016

8 Faktor Utama Penyebab Munculnya Penyakit Vertigo

Penderita vertigo akan mengalami pusing dan merasakan ruangan di sekelilingnya berputar. Vertigo disebabkan adanya ketidakseimbangan yang terjadi pada tonus vestibular akibat hilangnya masukan perifer. Kerusakan labirin dan saraf vestibular merupakan penyebab hilangnya masukan perifer. Jika selama ini banyak orang yang menganggap bahwa faktor keturunan yang menjadi penyebab penyakit vertigo maka anggapan itu sebenarnya tidak benar.

Faktor Utama Penyebab Munculnya Penyakit Vertigo

Beberapa faktor penyebab vertigo antara lain yaitu:

Gangguan Telinga Bagian Dalam
Bagi yang memiliki masalah telinga bagian dalam cenderung mengalami vertigo yang biasa dikenal dengan Benign Paroxysmal Positional Vertigo.

Penyakit Sistem Saraf Pusat
Vertigo dapat disebabkan oleh gangguan sistem saraf pusat akibat beberapa penyakit seperti multiple sclerosis dan tumor.

Migrain
Migrain bisa menyebabkan vertigo yang terjadi dalam beberapa menit hingga beberapa hari.

Peradangan atau Infeksi
Kinerja telinga bagian dalam dapat terganggu karena adanya infeksi yang bisa menyebabkan vertigo.

Gangguan Penglihatan
Penglihatan yang bermasalah bisa mengganggu keseimbangan dan menjadi pemicu penyakit vertigo.

Penyakit Meniere
Adanya cairan pada telinga bagian dalam yang diakibatkan penyakit meniere dapat menyebabkan vertigo.

Tumor Sudut Cerebellar-Pontine
Sistem vestibular akan terus mengalami perubahan akibat tumor sudut cerebellar-pontine sehingga memicu penyakit vertigo.

Faktor lain
Beberapa faktor lain yang juga menjadi penyebab penyakit vertigo adalah perasaan cemas karena pengaruh alkohol, terhisap zat kimia, mabuk kendaraan, posisi tidur yang salah, serta berada di ruangan tertutup dan terlalu panas.

Baca juga : 9 Penyebab Sakit Kepala yang Tak Terduga

Latihan vestibular merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi vertigo. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Berdiri tegak, membuka dan menutup mata sebanyak 5 kali.
  2. Memasang dagu ke dada, memutar kepala ke kiri lalu ke kanan sebanyak 3 kali.
  3. Menghadapkan wajah ke atas kemudian menurunkannya secara perlahan ke bawah, setelah itu pelan-pelan menaikkan lagi wajah ke atas. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 3 kali.
  4. Mencoba menempelkan telinga kiri ke bahu kiri dan menahannya selama 15 detik. Lakukan pula hal yang sama pada telinga kanan. Ulangi sebanyak 3 kali.
  5. Duduk dengan meluruskan punggung sambil membuka mata kemudian berdiri. Tutup mata ketika berdiri. Ulangi sebanyak 3 kali.
  6. Menggerakkan bola mata ke kanan dan ke kiri secara horizontal dengan mata terbuka. Lalu menggerakkan bola mata ke atas dan ke bawah secara vertikal. Lakukan sebanyak 3 kali.
  7. Mempraktekkan otot mata dengan mengikuti arah objek yang bergerak dan memfokuskan mata pada objek stasioner.
Demikianlah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi penyakit vertigo. Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, bagi penderita vertigo secara perlahan bisa mencegah penyakit tersebut datang kembali. Semoga bermanfaat.