Sunday, March 6, 2016

Cara Alami Menyuburkan Rambut Bayi yang Tipis

Bayi yang baru lahir biasanya belum memiliki rambut yang lebat. Penyebabnya adalah bisa dari faktor keturunan. Memiliki riwayat keturunan dengan rambut tipis biasanya akan menurun hingga ke anak, cucu, maupun cicit Anda. Diantara Anda, biasanya menggunduli rambut bayi untuk menumbuhkan rambut secara lebat dan subur. Rambut pada bayi merupakan jenis rambut velus. Rambut velus merupakan rambut sementara yang nantinya akan habis ketika sang bayi berusia 1 sampai 3 bulan. Sehingga, tanpa Anda menggunduli rambut anak, rambut akan habis pada waktunya dengan cara rontok. Setelah itu, rambut akan tergantikan dengan rambut baru yang tumbuh hingga anak dewasa.

Cara Alami Menyuburkan Rambut Bayi yang TipisTidak semua bayi yang digunduli rambutnya akan memiliki rambut yang tebal, ada diantara bayi walau sudah di gunduli tetap saja memiliki rambut tipis. Artinya, penggundulan rambut ketika bayi tidak mempengaruhi tipis atau tebalnya rambut bayi. Tebal atau tipis rambut sangat dipengaruhi dengan faktor genetic.

Ketika bayi digunduli, sering kali rambut tampak lebih tebal dan halus. Namun ini bukan indikasi rambut bayi bertambah, hal ini disebabkan rambut velus yang berbentuk lancip dan dipotong membuat rambut berbentuk tumpul. Bentuk tumpul ini memberikan kesan pada rambut lebih tebal.

Baca juga : Cara Perawatan Sehari-Hari Bayi Tanpa Ribet

Meskipun tidak mempengaruhi rambut tubuh dengan subur, memotong rambut bayi memiliki manfaat yang luar biasa bagi bayi. Memotong rambut akan membuat kulit kepala bayi lebih sehat. Hal ini terjadi karena, ketika bayi di kandungan kepala memiliki banyak kerak kotoran yang menempel kemudian menutupi pori-pori pada kulit kepala. Setelah dipotong, kerak kotoran tersebut akan terbuang dan menghasilkan kulit kepala yang lebih bersih dan sirkulasi pernafasan pori-pori berjalan lebih baik.

Menumbuhkan rambut bayi secara cepat dapat dilakukan dengan mudah. Meskipun tebal atau tipis rambut bayi tidak mempengaruhi kesehatannya, namun memiliki anak dengan rambut tebal tentu menyenangkan kedua orang tuanya. Berikut adalah cara yang dapat ibu lakukan untuk menumbuhkan rambut buah hati secara lebat dan sehat dengan mudah.

Bahan Alami untuk Menebalkan Rambut Bayi yang Tipis

1. Penuhi nutrisi buah hati
Kebutuhan nutrisi pada bayi sangat bergantung dengan orangtuanya. Sama halnya dengan pertumbuhan rambut anak Anda yang memerlukan nutrisi seimbang. Berilah anak makanan dan minuman bergizi yang bermanfaat untuk menyuburkan rambut. 

2. Mengolesi menggunakan ramuan tradisional
Salah satu ramuan yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut adalah dengan mengoleskan lidah buaya ketika bayi menginjak usia 1 tahun. Diamkan selama 5-15 menit dan ditutup dengan handuk. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Selain dengan lidah buaya, mengolesi rambut bayi menggunakan minyak kelapa maupun minyak zaitun juga mampu menumbuhkan rambut dengan cepat.

Artikel Lainnya : Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak dan Teratur

Kedua cara tersebut baik dan tidak menimbulkan efek buruk bagi bayi. Lakukan secara teratur pada bayi Anda agar hasil yang didapat maksimal.