Sunday, April 10, 2016

Tips Memilih Suplemen Kalsium untuk Kesehatan Tulang

Kalsium terdapat pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Kalsium pada makanan merupakan kalsium yang bersifat alami dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, konsumsi kalsium tiap orang berbeda-beda. Beberapa orang memerlukan kalsium yang cukup besar karena mereka mungkin memiliki masalah kesehatan tulang dan gigi. Sedangkan, rata-rata orang memerlukan kalsium seperlunya hanya untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan alasan tersebut, muncul kalsium dalam bentuk suplemen agar memudahkan konsumen dalam menentukan kadar kalsium sesuai takaran yang mereka butuhkan, khusunya bagi penderita osteoporosis. 

Tips Memilih Suplemen Kalsium untuk Kesehatan Tulang

Panduan Cara Memilih Suplemen Kalsium yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan antara konsumsi kalsium secara alami melalui makanan maupun melalui suplemen. Namun, kebutuhan kalsium masing-masing orang berbeda. Beberapa orang tidak merasa cukup yakin kebutuhan kalsium mereka terpenuhi hanya melalui makanan yang dikonsumsi sehingga dirasa perlu untuk menambahkan konsumsi kalsium dalam bentuk suplemen. Tujuan dari kadar pemakaian kalsium tentunya berbeda-beda. Hal tersebut tergantung pada bagaimana kalsium dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan konsumen. Oleh karena itu, suplemen diharapkan mampu menjadi solusi perbedaan kebutuhan kalsium tiap individu.

Baca : Cara memenuhi kebutuhan Kalsium Harian

Meskipun kalsium dapat menjadi solusi untuk memenuhi perbedaan kebutuhan kalsium, tubuh kita hanya dapat menyerap 500 mg kalsium untuk sekali minum. Apabila tubuh kita memerlukan dosis lebih dari itu, kita dapat membagi dosis menjadi beberapa kali minum. Namun, jika kita sudah mengonsumsi makanan dengan kalsium yang tinggi, kita dapat mengurangi dosis suplemen kalsium.
Banyak orang yang mempertanyakan apakah konsumsi kalsium yang berlebihan berbahaya bagi tubuh. 

Berdasarkan National Osteoporosis Foundation menganjurkan agar konsumsi kalsium tidak melebihi 1500 mg. Seseorang yang mengonsumsi kalsium berlebihan akan berdampak buruk pada kesehatan ginjal karena kalsium akan diekskresikan lewat ginjal. Sehingga, jumlah kalsium yang terlalu besar akan menyebabkan ginjal bekerja lebih keras. Kalsium yang berlebihan akan beresiko meningkatkan terbentuknya batu ginjal sehingga orang tersebut akan menderita gagal ginjal. Ginjal yang rusak dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menumpuk racun-racun yang lebih banyak dan lebih besar di dalam tubuh. Oleh sebab itu, konsumsi segala sesuatu yang berlebihan bukan merupakan hal yang baik. Sama halnya dengan konsumsi kalsium, kadar kalsium di dalam tubuh juga perlu dikendalikan. 

Kebutuhan kalsium yang berbeda-beda untuk masing-masing orang, menjadikan mereka ingin merasakan manfaat kalsium dengan segera. Beberapa orang membutuhkan kalsium dapat diserap tubuh dengan cepat dan besar. Biasanya, orang-orang yang ingin segera merasakan manfaat kalsium menderita permasalahan kesehatan tulang maupun gigi. Sehingga, mereka membutuhkan zat lain untuk dapat mendukung penyerapan kalsium. Terdapat beberapa zat yang mendukung penyerapan kalsium, yaitu vitamin D, protein, soya, dan soya isoflavones. Zat tersebut juga dikemas dalam bentuk suplemen untuk memudahkan konsumen.

Lihat : Tips Perawatan Tulang Setelah Menopause

Dengan demikian, tidak setiap konsumen dapat mengkombinasikan suplemen kalsium dengan zat lain. Hal tersebut tergantung dari kebutuhan konsumen tersebut. Bagi konsumen yang membutuhkan kalsium dengan kadar tinggi dan cepat, konsumen dapat mengkombinasi konsumsi suplemen kalsium dengan suplemen kompelenter lainnya. Namun, tidak dipermasalahkan selama zat lain tersebut masih dalam kadar yang wajar seperti dalam bentuk makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Seperti itulah pembahasan cara memilih suplemen kalsium untuk kesehatan tulang. Semoga dengan dengan informasi diatas anda dapat terhindar dari penyakit.