Tuesday, May 17, 2016

7 Cara Menghilangkan Keloid dengan Cepat

Apakah anda mengetahui apa itu keloid? Keloid adalah bekas luka dimana bekas luka anda mengalami pertumbuhan sehingga terjadi penonjolan yang ada di sekitar luka tersebut. Kebanyakan kasus keloid bisa muncul jika seseorang mengalami luka akibat tindik, tato, hingga pada luka bekas operasi. Selain itu penyebab keloid juga muncul pada luka apa saja dan sangat sulit mengetahui apa sebabnya.
Jika terjadi infeksi pada luka maka potensi keloid akan semakin besar. Keloid secara medis disebabkan oleh sel fibroblasts yang berfungsi memproduksi jaringan luka atau kolagen. ia bekerja terlalu keras dan melebihi kadarnya. Selain itu beberapa penyebab seperti gangguan hormon, gangguan sistem imun, dan faktor keturunan juga dapat menyebabkan terjadinya keloid.

Ciri-ciri keloid adalah adanya luka kenyal yang melunak, terasa gatal pada kulit, sakit, atau menimbulkan sensasi seperti terbakar. Jika anda memiliki keloid maka samarkanlah keloid anda dengan beberapa cara seperti di bawah ini.

Cara Menghilangkan Keloid atau menyamarkan keloid dengan cepat dan aman

Panduan Cara Menghilangkan Keleoid Pada Kulit Bekas Luka

 1  Steroid

Anda bisa menyuntikkan steroid yang disebut sebagai triamcinolone di bekas luka yang telah membentuk keloid. Cara ini salah satu hal yang juga cukup efektif. Anda bisa menyuntikkan setiap 2 sampai 6 minggu sekali. Namun juga memberikan efek samping yaitu berupa jelasnya urat nadi atau kondisi yang disebut sebagai triamcinolone serta mencerahnya warna kulit di sekitar keloid. Steroid juga dapat diperoleh dalam bentuk plester yang ditempelkan selama 12 jam sehari.

 2  Operasi

Melakukan operasi sebenarnya bisa meningkatkan risiko untuk memperluas keloid, namun ada juga jenis operasi yang dilakukan dengan teknik jahitan tertentu yang bisa mengurangi resiko tersebut.

Ketahui : Cara Menghilangkan Bekas Luka Jahitan

 3  Radioterapi

Radioterapi adalah teknik merawat keloid yaitu dengan cara meletakkan dan memasukkan serpihan kecil dari materi radioaktif. Materi radioaktif tersebut dimasukkan di area yang terluka (disebut sebagai brachytherapy) setelah anda melakukan operasi menghilangkan keloid. Walau demikian, radioterapi juga bisa berisiko menyebabkan kanker.

Baca juga : Cara Mengatasi Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

 4  Cryotherapy

Anda mungkin tidak pernah mendengar nama ini. Namun teknik Cryotherapy ini juga banyak dilakukan. Ia adalah teknik yang menggunakan jarum untuk membekukan jaringan dan kebanyakan dilakukan dengan perawatan suntik steroid.

 5  Perawatan laser

Laser yang dilakukan dan digunakan bukanlah sembarang laser. Laser jenis pulsed dye lasers dan Nd:YAG adalah dua jenis laser yang dinilai bisa efektif mengatasi keloid dengan sedikit efek samping dibandingkan dengan jenis laser lain. Kebanyakan keloid yang menggunakan laser adalah jenis keloid di punggung.

 6  Obat-obatan cytotoxic

Jenis obat ini sangat bermanfaat untuk menghambat dan memperlambat pertumbuhan jaringan. Selain itu biasanya digunakan dalam teknik perawatan anti kanker. Obat jenis ini digunakan dengan menggunakan teknik suntik.

Lihat juga : Cara Memutihkan Leher dan Pundak Secara Alami

 7  Retinoids

Ini salah satu jenis yang jarang didengar. Retinoids adalah obat yang biasanya digunakan untuk mengobati jerawat. Tetapi anda juga bisa mengandalkannya untuk dioleskan pada keloid atau disuntikkan.

Itulah beberapa teknik menghilangkan keloid atau menyamarkannya. Selamat mencoba.