Saturday, June 11, 2016

6 Cara Ampuh Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa

Tentu saja saat berpuasa anda harus dapat menahan haus dan lapar. Di cuaca panas yang ekstrem seperti sekarang ini, berpuasa tentunya akan lebih sulit daripada yang biasa anda jalankan. Resiko cepat dehidrasi sangatlah besar, mengingat cuaca panas yang dengan cepat menguapkan ion dalam tubuh anda.

Mungkin menurut anda dehidrasi saat puasa adalah hal yang biasa. Namun jangan mengangap remeh dehidrasi, karena terkadang datangnya saat jadwal berbuka masih lama. Olehnya itu jika anda ingin puasa anda di bulan ramadhan ini tetap berjalan lancar, sebaiknya anda melakukan hal yang bisa mengatasi dehidrasi saat berpuasa.

Mengalami Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa

Beberapa cara agar mampu mengatasi dehidrasi saat berpuasa

1. Konsisten dengan 8 Gelas Setiap Hari
Anda pasti sudah mengetahui bahwa kebutuhan air dalam tubuh adalah 8 gelas per hari. Namun bagaimana jika sedang berpuasa? Apakah 8 gelas harus dipenuhi? Tentu saja. Kebutuhan 8 gelas perhari harus tetap anda penuhi. Walaupun sedang berpuasa anda bisa mengakali kebutuhan ini. Bisa saja saat sahur anda mencicil hingga 4 gelas, dan melengkapi kebutuhan itu saat sedang berbuka. Dengan ini, anda tidak perlu khawatir akan cepat mengalami dehidrasi saat berpuasa.

Lihat : Tips Berpuasa untuk Penderita Maag

2. Hindari Kafein dan Minuman Bersoda
Hindarilah banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein serta minuman bersoda. Akan percuma anda minum air putih jika dibarengi dengan minum kedua jenis minuman tersebut. Sebab minuman yang mengandung kafein dan soda memiliki bahan yang bisa menghilangkan manfaat air dalam tubuh. Jika anda ingin mengganti kopi dengan minuman lain, teh hijau bisa menjadi alternatif anda untuk dinikmati saat sahur.

3. Beri Rasa Pada Air Mineral
Jika anda adalah orang yang sangat malas untuk minum, maka sebaiknya berikanlah rasa pada air mineral yang ingin anda konsumsi. Namun hidarilah untuk memberi gula atau pemanis lainnya. Anda bisa menggunakan perasan jerul lemon atau jeruk nipis agar menambah kesegaran daria ir mineral yang anda konsumsi. Dengan memberi rasa pada air mineral anda bisa meminum banyak air untuk mencukupi kebutuhan dalam tubuh dan menghindarkan daru dehidrasi berlebihan.

4. Minum Susu
Khusus untuk anak-anak yang ingin belajar berpuasa penuh, maka anda bisa memberikan susu saat sahur dan berbuka. Susu dapat menghindarkan dehidrasi pada anak sebab susu kaya akan kandungan protein, karbohidrat, kalsium, dan elektrolit yang bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Baca juga : Tips Berpuasa Sehat Selama Ramadhan

5. Makan Buah Yang Mengandung Banyak Air
Kandungan mineral bukan saja mampu diberikan oleh air putih. Namun anda bisa mengambil manfaatnya dari sumber lain seperti buah-buahan yang mengandung banyak mineral. Anda bisa menikmati beragam buah yang segar seperti melon, semangka, jeruk manis dan lain sebagainya. Selain rasanya enak dan mencukupi kebutuhan air, buah-buahan tersebut dapat memberi asupan nutrisi untuk menjaga stamina Anda selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

6. Jangan kebanyakan tidur saat berpuasa
And ajuga sebaiknya tidak terlalu banyak tidur saat berpuasa. Walaupun seluruh aktifitas baik dalam bulan puasa adalah pahala namun kebanyakan tidur juga ada dampak buruknya. Saat banyak tidur anda akan merasa sangat lemas saat bangun. Hal ini terjadi karena anda kekurangan cairan tubuh. Olehnya itu untuk menghindari dehidrasi sebaiknya anda mencari aktifitas lain seperti mengaji dan membaca buku agama.

Itulah beragam cara menghindari dehidrasi selama puasa. Walaupun dehidrasi itu pasti terjadi karena anda tidak boleh minum saat berbuk, setidaknya anda bisa mengatasinya dengan cara sederhana diatas. Selamat mencoba.