Monday, June 13, 2016

6 Tips Agar Puasa Menjadi Lebih Ringan Selama Bulan Ramadhan

Berpuasa di Bulan Ramadhan merupakan kewajiban setiap umat muslim. Hal ini dilakukan sebagai ibadah yang bisa membuat kita sehat serta merasakan bagaimana rasanya menahan lapar dan haus serta hawa nafsu untuk melatih jiwa kita. Penting untuk tidak merasa bahwa berpuasa adalah ibadah yang berat bagi anda. Agar menjalankan ibadah tetap khidmat dan juga ikhlas.

Olehnya itu saat berpuasa penting kiranya anda melakukan hal yang bisa membuat puasa anda menjadi ringan dan juga tidak begitu membuat anda kelelahan. Di bawah ini merupakan beberapa tips agar puasa anda menjadi lebih ringan.

Berikut Tips Agar Puasa Menjadi Lebih Ringan Selama Bulan Ramadhan

Berikut Cara Agar Menjalankan Puasa Terasa Mudah Selama Bulan Ramadhan

1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks
Saat sahur dan berbuka carilah menu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yaitu ubi, jagung, , oatmeal, roti gandum atau nasi merah. Kandungan karbohidrat kompleks ini akan membantu anda untuk bisa kenyang lebih lama. Namun anda juga harus menambahkan makanan berserat tinggi yang bisa membantu anda kenyang lebih lama. Sebab biasanya di awal puasa, anda akan mengalami gangguan pencernaan karena pola makan anda yang berubah.

2. Tingkatkan Asupan Protein
Agar tidak lelah selama berpuasa anda juga bisa menyeimbangkan karbohidrat tersebut dengan asupan protein. Jika biasanya protein yang anda konsumsi dalam jumlah yang sedikit, maka anda bisa menambahnya dengan meragamkan jenis lauk yang banyak mengandung protein, anda bisa memperbanyak lauk seperti, daging, ayam, ikan, putih telur, kacang-kacangan dan makanan tinggi protein lainnya. Anda bisa kenyang lebih lama dengan mengonsumsi protein tersebut.

Baca : 10 Sayuran Kaya Serat yang Baik Buat Sahur

3. Konsumsi Lemak Baik
Jangan menganggap semua jenis lemak adalah hal mengerikan. Adapula lemak yang bisa anda manfaatkan dengan baik. Adalah lemak baik yang bisa didapatkan dari ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan buah seperti alpukat. Lemak ini mengandung (HDL) yang juga diperlukan tubuh untuk menyerap nutrisi. Energi tubuh bisa diproduksi dari lemak baik ini dan membantu menurunkan kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Kurangi Konsumsi Garam
Hindarilah untuk mengonsumsi makanan yang terlalu asin saat sahur dan berbuka. Garam bisa membuat anda dehidrasi dan cepat lapar. Selain itu banyak sekali pula penyakit yang bisa timbul karena mengonsumsi makanan yang asin. Olehnya itu agar puasa anda lebih ringan sebaiknya hindari makanan asin.

5. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh
Selalu ingat untuk menjaga tubuh terhidrasi. Cukupkan kebutuhan cairan anda dengan banyak meminum air jika anda sahur dan berbuka. Dengan mencukupi kebutuhan tersebut maka anda tidak akan mudah haus dan lelah saat berpuasa. Dan puasa anda akan terasa lebih ringan.

Baca juga : Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa

6.Olahraga
Stop menganggap bahwa olahraga akan melelahkan anda di saat berpuasa. Hal itu hanya mitos saja. Bahkan faktanya saat anda berolahraga anda bisa lebih fit dan stamina terjaga selalu. Anda bisa melakukan rutinitas olahraga sebelum berbuka dan cukupkan dengan olahraga ringan saja.

Ketahui : Tips Sehat Berolahraga Selama Bulan Ramadhan

Nah itulah beberapa tips agar anda mudah dan terasa ringan dalam menjalankan puasa. Ingat, jangan jadikan puasa adalah beban. Jadikan puasa anda penuh berkah dengan keikhlasan, dan bantu tubuh anda dengan cara-cara diatas. Selamat mencoba.