Tuesday, June 21, 2016

7 Cara Melakukan Terapi Pergelangan Tangan Terkilir Agar Cepat Sembuh

Terkadang musibah datang tanpa diketahui tandanya. Salah satunya adalah tangan anda bisa saja terkilir saat anda melakukan aktifitas tertentu. Semua orang tentunya berpotensi terkilir karena itulah bagian tubuhnyang paling sering digunakan dan juga lemah sehingga berpotensi terkilir.

Jika tangan terkilir biasanya ada juga tangan yang bengkak. Dan bagian yang bengkak juga akan terasa lunak dan juga memar. Lebih jelasnya biasanya orang menggunakan tes X-Ray untuk melihat dengan jelas bagaimana kondisi tangan.

Ada beberapa cara melakukan terapi pada pergelangan tangan yang sedang terkilir. Di bawah ini adalah beberapa caranya.

Berikut Cara Melakukan Terapi Pergelangan Tangan Terkilir Agar Cepat Sembuh

Berikut Tips Ampuh Mengatasi Tangan yang Terkilir

1.Istirahatkan pergelangan tangan selama 48 jam
Jika pertama kali tangan anda terkilir maka janganlah langsung melakukan aktiftas apapun dengan tangan tersebut. Meskipun aktifitas itu anda rasa ringan namun tetap akan mempengaruhi tangan anda. Olehya itu isitirahatkanlah selama 48 jam.

2.Kompres dengan Air Es
Untuk bagian yang terkilir sebaiknya anda mengompres bagian yang terasa sakit dengan es. Bungkuslah es dengan kain dan bairkan anda mendiamkannya pada tangan anda yang terkilir. Kompres lah paling lama 20-30 menit setiap tiga hingga empat jam sekali, selama dua hingga tiga hari.

3.Balut
Anda bisa membalut pergelangan tangan yang terkilir. Fungsinya adalah untuk menambah tekanan pada tangan anda. Selain itu ia juga bisa mencegah pergerakan yang tidak disengaja oleh tangan yang terkilir.
Lihat juga: 6 Cara Mengobati Kaki Terkilir
4.Angkat pergelangan tangan
Anda juga harus sering untuk mengangkat pergelangan tangan anda dengan posisi di atas posisi jantung. Lakukanlah itu sesering mungkin, hal ini bisa dibantu dengan menggunakan penopang.

5. Obat Penghilang Rasa Sakit
Rajinlah untuk mengonsumsi obat penghilang rasa sakit dan juga anti peradangan yang tidak mengandung steroid. Waspadai efek samping seperti risiko pendarahan dan gangguan lambung.

6. Splinter
Sebaiknya anda menggunakan splinter atau papan penahan agar pergelangan tangan benar-benar tidak bergerak. Lakukan hal ini sampai saatnya tiba untuk berkonsultasi dengan dokter. Jangan menggunakan splinter terlalu lama agar otot di sekitar area cedera tidak melemah dan menjadi kaku.
Baca juga: 6 Cara Alami Mengatasi Kaki Keseleo
7. Latihan
Anda sebaiknya melatih pergelangan tangan Anda dengan banyak melakukan peregangan dan latihan kekuatan jika diperbolehkan oleh dokter.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk terapi pergelangan tangan anda. Selamat mencoba.