Monday, June 6, 2016

Buka Puasa dengan Buah Kurma, Ini Manfaat Menakjubkan

Telah menjadi rahasia umum bahwa saat berbuka puasa maka sangat dianjurkan untuk berbuka dengan buah kurma. Bahkan dalam sunnah rasul, kurma merupakan menu utama bagi Rasulullah saat berbuka. Apalagi di bulan ramadhan, buah kurma merupakan buah yang sangat mudah didapatkan.

Jangan mengira bahwa anjuran memakan kurma saat berbuka puasa merupakan anjuran dalam islam saja, karena sekedar Sunnah Rasul. Namun anda sangat penting untuk mengetahui manfaatnya bagi kesehatan, apalagi saat berbuka puasa.

Nah, anda adalah orang yang senang mengonsumsi kurma saat berbuka? Anda adalah orang yang beruntung. Di bawah ini akan kami jabarkan, beragam dari manfaat kurma yang bisa anda peroleh saat menjadikannya sebagai menu berbuka.

Manfaat Bagi Kesehatan Buka Puasa dengan Buah Kurma

Berikut Manfaat Buah Kurma untuk Buka Puasa Anda

1. Mudah dicerna
Kurma merupakan salah satu buah yang sangat baik bagi pencernaan. Buah ini merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang sangat mudah dicerna daripada beragam jenis buah lainnya. Sehingga saat anda berbuka puasa, dan memakan kurma sebagai santapan awal, maka pencernaan anda tidak akan kaget sehingga perut tidak akan tiba-tiba sakit. Selain itu buah kurma yang dimakan akan mengeluarkan zat yang mengaktifkan sistem pencernaan yang telah beristirahat selama berpuasa. Kesehatan pencernaan tentunya akan tetap terjaga saat anda mengonsumsi kurma saat berbuka.

2. Mengandung gula alami
Selain mudah dicerna, buah kurma juga mengandung beragam zat yang bisa menstabilkan energi anda. Buah kurma mengandung gula alami berupa glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Saat berpuasa tentu saja kandungan gula darah anda akan drop, dan segera mungkin saat berbuka sebaiknya anda segera memenuhi kebutuhan gula dalam darah. Namun jangan khawatir, walaupun mengandung gula yang banyak, buah kurma juga rendah kalori sehingga baik untuk menjaga lemak anda.

Lihat : Cara untuk Penderita Maag Saat Puasa

3. Tinggi kandungan serat

Tentunya anda tahu, bahwa kurma tumbuh di daerah gurun yang sangat kekurangan air. Sehingga buah ini merupakan buah yang sangat kurang mengandung air. Namun jangan khawatir, walaupun kurang air kurma tetap saja buah yang mengandung kandungan serat yang tinggi. Dengan mengonsumsi kurma saat berbuka, anda jangan khawatir untuk kekurangan serat saat berpuasa.


4. Sebagai Sumber Energi

Pada pembahasan diatas anda ketahui bahwa kurma mengandung gula alami yang sangat baik dalam mengembalikan energi. Saat berpuasa tentunya kandungan gula dan juga kalori dalam tubuh yang merupakan sumber energi akan berkurang. Sehingga dengan memilih kurma sebagai menu buka puasa akan mampu memenuhi kebutuhan anda tersebut. Tetapi menjadi catatan bagi anda penderita diabetes, sebaiknya batasi makan kurma karena kandungan glukosa yang tinggi juga kurang baik untuk orang dengan diabetes.

Baca juga : Tips Berpuasa Sehat Selama Ramadhan

5. Menyeimbangkan tingkat keasaman darah

Di dalam buah kurma, mengandung beberapa zat yang mampu menyeimbangkan tingkat keasaman darah. Setelah berpuasa seharian dan menjelang waktu berbuka maka tingkat keasaman darah cenderung meningkat. Hal ini disebabkan jika anda mengonsumsi daging dan karbohidrat ketika makan untuk berbuka puasa.

Ketahui : 4 Asupan Sahur Agar Tidak Lemas Berpuasa

Itulah beberapa dari manfaat kurma saat berbuka puasa. Semoga anda bisa mengambil manfaatnya. Namun ingatlah, jangan untuk berlebihan agar tetap bisa menyeimbangkan kandungannya dalam tubuh anda.