Monday, October 10, 2016

7 Fakta Unik Mengenai Ketombe yang Mesti Anda Ketahui

Apakah anda sering mengeluh karena anda sering berketombe dan membuat rambut anda sangat gatal? Keadaan ini bisa memberikan ketidaknyamanan bagi anda apalagi jika anda sering berinteraksi dengan banyak orang.

Di bawah ini merupakan beberapa fakta unik mengenai ketombe yang mungkin saja bisa membuat anda tahu dan bisa mencegah beragam penyebabnya dan mengenal lebih dekat 7 fakta tentang ketombe.

Berikut Fakta Unik dan Menarik Tentang Ketombe yang perlu anda tahu

Fakta Unik Mengenai Ketombe yang Mesti Anda Ketahui

1. Stres dapat memicu ketombe
Anda harus tahu bahwa stress merupakan salah satu penyebab munculnya ketombe. Saat anda stress maka daya tahan tubuh anda akan sangat lemah. Dengan lemahnya pertahanan tubuh maka virus bisa menyerang dengan cepat. Hal ini juga menjadikan jamur malassezia berkembang biak melebihi jumlah normal yang meningkatkan produksi sel kulit mati. Agar terhindar dari masalah ketombe, luangkan waktu untuk menenangkan diri.
2. Ketombe tidak disebabkan oleh kulit kepala kering
Jangan mengira bahwa ketombe timbul karena kulit kepala yang kering. Sehingga anda mulai melakukan cara untuk melembabkan kulit kepala anda. Bahkan sebaliknya ketombe justru disebabkan oleh kulit kepala yang terlalu berminyak. Sangat banyak orang yang mengira ketombe adalah akibat dari kulit kepala yang kering. Padahal faktanya, ketombe mulai muncul ketika kulit kepala mengandung banyak minyak dan menyebabkan kulit mati di kepala lebih mudah terkelupas.

3. Anda harus lebih sering keramas
Sebenarnya terlalu sering keramas akan merusak rambut anda. Sebab dengan rajin berkeramas maka minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala akan hilang. Namun dalam kondisi kepala berketombe, hal ini harus dilakukan, agar minyak yang menyebabkan ketombe bisa hilang.
Lihat : 7 Cara Alami Menghaluskan Rambut yang Kasar
4.Kulit kepala gatal belum tentu karena ketombe
Jangan langsung menyimpulkan jika kulit kepala anda gatal maka hal itu dikarenakan oleh ketombe. Biasanya kulit kepala yang gatal juga disebabkan oleh alergi dan peradnagan kulit. Jika ini yang terjadi pada Anda, sebaiknya segera minta bantuan pada ahli kulit. Karena sampo anti ketombe terbaik pun belum tentu bisa mengatasinya.

5. Ketombe juga bisa muncul pada kulit tubuh dan wajah
Fakta berikutnya adalah bahwa ketombe tidak hanya muncul pada kepala anda saja. Tempat lan seperti seperti alis mata, telinga, hidung, atau tempat lain di mana kulit tubuh menghasilkan banyak minyak. Jika Anda mengalaminya, gunakan saja shampo anti ketombe pada bagian-bagian itu saat Anda keramas.
Baca : 10 Cara Alami Mengatasi Gatal di Kepala
6. Ketombe bisa dihilangkan, namun tak bisa dikontrol
Jika anda telah berhasil menghilangkan ketombe maka jangan senang dulu karena kemunculannya sangatlah sulit dikontrol. Tentu anda tak perlu menunggu hingga ketombe datang dan datang kembali untuk mengatasinya. Anda bisa mencegah datangnya ketombe dengan banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung seng (zinc) dan vitamin B. Hindari juga makanan berlemak jenuh yang memungkinkan tubuh Anda memproduksi minyak berlebih.

7. Ketombe tidak menular
Jangan mengira ketombe itu menular. Ketombe adalah kondisi normal karena jamur yang hidup di kulit kepala. Ketombe tidak menular dan bukan permasalahan yang membahayakan kesehatan, namun pastinya harus diatasi agar tidak mengganggu percaya diri.
Ketahui Juga: 10 Cara Alami Menghilangkan Ketombe
Itulah beberapa fakta unik dan menarik tentang ketombe yang mesti anda ketahui. Semoga dengan mengetahui informasi diatas anda dapat mengetahui mana mitos dan mana yang fakta.