Sunday, November 6, 2016

5 Tips Menjaga Kehamilan Muda Agar Tetap Sehat Sampai Melahirkan

Tidak ada yang lebih membahagiakan bagi pasangan suami istri saat mengetahui ia segera mungkin akan menjadi orang tua. Saat seorang wanita dinyatakan positif hamil maka sang suami juga akan menjadi siaga agar dapat menjaga kehamilan istri. Apalagi di usia kehamilan yang muda, maka seorang wanita harus lebih berhati-hati terhadap kehamilannya agar bisa sehat dan bertahan.

Dengan dilantiknya anda sebagai ibu dengan usia hamil muda, membuat anda harus mengetahui bagaimana menjaga kehamilan usia muda agar anda bisa terus sehat dan melahirkan buah hati anda dengan selamat. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk menjaga kehamilan di usia muda.

Tips Menjaga Kehamilan Muda Agar Tetap Sehat Sampai Melahirkan

Panduan Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Sampai Melahirkan

1. Hindari aktifitas berat
Saat sedang hamil muda maka anda sebaiknya menghindari beragam aktifitas berat. Aktifitas berat yang dimaksud adalah bukan hanya pada kerja fisik saja, namun juga pikiran. Namun tidak berarti anda harus berhenti dan tidak mengerjakan apapun, karena berdiam diri saja juga akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh anda. Tetaplah lakukan aktifitas harian anda seperti biasa, namun berusahalah untuk melakukan penyesuaian. Sebab di tiga bulan pertama anda akan merasa sering lemas karena hormon anda yang meningkat.
2. Kendalikan emosi
Seperti yang dikatakan diatas bahwa hormon akan meningkat saat anda sedang hamil. Hal ini juga yang akan membuat anda menjadi sensitive dan mudah marah. Tetapi sebaiknya jika itu terjadi, anda harus mampu mengendalikan emosi hingga tidak membuat anda mudah terganggu psikisnya.

3. Jaga nutrisi
Yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi. Jangan menghiraukan dan mengabaikan jadwal makan anda. Saat anda hamil muda seringkali dilengkapi dengan rasa mual sampai selera makan yang hilang. Namun ingat anda perlu asupan gizi yang sangat penting untuk kehamilan anda.

4. Hindari kebiasaan buruk
Tinggalkanlah semua kebiasaan buruk anda saat anda sedang hamil muda. Jika anda merokok maka berhentilah sekarang juga. Serta jangan mengkonsumsi obat-obatan, kafein dan juga alkohol yang tentunya membahayakan kehamilan anda karena akan menghambat pertumbuhan bayi.

5. Konsultasikan kehamilan dengan bidan atau dokter kandungan
Rajinlah berkonsultasi dengan dokter saat kehamilan masih mencapai usia muda. Jangan membiarkan anda tidak mengetahui kondisi terkini dari janin anda. Hal ini bisa mencegah jika ada hal yang kurang baik terjadi pada janin anda.
Itulah beberapa tips yang bisa menjaga kehamilan muda. Semoga dengan informasi di atas anda dapat sampai pada proses persalinan dan melahirkan anak yang sehat.- > yukhamil.com