Saturday, February 25, 2017

5 Makanan untuk Memperkuat Saluran Cerna Anak, Bunda Mesti Tahu

Pencernaan adalah salah satu hal penting yang harus dijaga. Semua orang bisa terkena gangguan pencernaan, dan lebih sensitif lagi oleh anak-anak. Anda juga jangan selalu menganggap remeh masalah pencernaan. Karena dalam jangka lama masalah pencernaan bisa membuat anda mendapatkan jenis kritis lainnya. Anda juga harus mengingat banyak pula masalah pencernaan yang berujung pada kematian.

Oleh karena itu penting bagi anda memperhatikan makanan yang baik bagi pencernaan anak anda. Yang paling penting adalah makanan yang bisa memperkuat saluran cerna anak.

 Makanan untuk Memperkuat Saluran Cerna Anak

Di bawah ini adalah beberapa makanan yang bisa memperkuat saluran cerna anak anda.

1. Tempe
Tempe merupakan makanan yang berasal asli dari Indonesia. Selain mudah dijangkau dan tersedia dimana saja, tempe juga sangat mudah diolah menjadi makanan yang lezat. Namun masih banyak ibu-ibu yang tidak menyediakan tempe sebagai makanan pokok anak. Padahal, tempe memiliki banyak manfaat untuk saluran cerna anak. Ia mengandung serat yang tinggi yang dapat membantu memperlancar pencernaan. Ia juga mengandung jamur Rhizopus merupakan sejenis �antibiotik alamiah� yang telah terbukti dapat membantu mengatasi diare. Jamur tersebut juga membantu penyerapan mineral di usus.

2. Ikan
Anda pasti tahu bahwa ikan merupakan sumber protein yang baik untuk anak. Protein yang ada dalam ikan lebih mudah dicerna daripada yang terkandung dalam daging sapi. Mengonsumsi banyak ikan juga bisa membantu mencerdaskan anak serta menghindari beragam infeksi dalam tubuh.

3. Sayuran hijau
Serta tentunya banyak berasal dari sayuran hijau. Serat sangat penting untuk memperlancar pencernaan. Selain serat yang tinggi, mengonsumsi sayuran hijau juga akan memberikan asupan besi dan asam folat yang baik untuk kecerdasan anak. Jenis sayuran hijau yang mudah ditemui sehari-hari seperti bayam, kangkung, brokoli, sebaiknya diberikan sebagai bagian dari makanan anak sehari-hari. Untuk menghindari rusaknya nutrisi dalam proses memasak, hindari memasak sayuran tersebut dengan suhu terlalu tinggi dalam waktu yang lama.

4. Yoghurt
Yoghurt adalah salah satu alternative yang baik bagi pencernaan. Yogurt mengandung Lactobacillus yang merupakan bakteri baik di usus. Yoghurt dapat mencegah sembelit dan baik untuk dikonsumsi saat anak mengalami diare karena infeksi. Mengonsumsi yoghurt saat diare akan meningkatkan bakteri baik di usus yang diperlukan untuk mengatasi infeksi pada pencernaan. Sebagian anak menyukai rasa asam pada yoghurt, namun sebagian lain mungkin tidak terlalu menyukainya. Bila anak tidak suka mengonsumsi yoghurt secara langsung, Anda dapat menyajikannya dalam suhu dingin atau dibuat smoothies bersama pisang, alpokat, atau buah-buahan lain kesukaan anak.

5. Buah, agar-agar, dan makanan tinggi serat lainnya
Anda bisa mengumpulkan beragam makanan berserat lainnya yang bisa anda gunakan untuk makanan anak anda. Seperti buah, agar-agar dan juga beragam sayuran hijau. Dengan mencampurkan seluruh jenis ini, maka pencernaan anak anda bisa terjaga.
Itulah beragam jenis makanan yang bisa membantu memperkuat pencernaan anak anda.