Tuesday, February 21, 2017

Inilah 5 Manfaat Berpelukan, Jadi jangan Pernah Menolaknya

Tidak suka berpelukan? Mengapa? Tidak suka dipeluk karena merasa canggung, atau bahkan kepanasan? Anda salah besar.

Lain kali jika pasangan Anda menolak untuk berpelukan dengan alasan kepanasan, butuh ruang, atau sedang tidak santai, sampaikan bahwa dia akan merugi. Sebuah pelukan ternyata banyak memberi manfaat ketimbang tatapan mata.

Bahkan, duduk rapat berdampingan ternyata memberikan dampak kesehatan yang kita semua perlu tahu. Inilah lima manfaat pentingnya sebuah pelukan bagi keluarga dan pasangan kita.

Manfaat Berpelukan

Berikut Manfaat Berpelukan yang Mesti di Ketahui

1. Rasanya menyenangkan

Berpelukan atau bahkan berdekatan, dapat melepaskan hormon oksitosin yang dikenal juga dengan hormon yang melepas perasaan senang. Hal ini menyebabkan kita merasa bahagia, serta terbukti menyehatkan.

Berpelukan juga melepaskan hormon endorphin, yaitu senyawa kimia yang dilepaskan setelah berolahraga atau makan cokelat, yang berkontribusi terhadap perasaan puas.

2. Membuatmu merasa seksi

Keuntungan paling nyata dari berpelukan adalah semakin dekat dengan pasangan secara fisik. Berpelukan memang bisa membuat rileks dan memunculkan perasaan bahagia, namun ada benefit kimiawi yang lebih dari itu. Ada pelepasan dopamin, sebuah hormon yang melepaskan peningkatan keinginan untuk bercinta. Tentu kita akan merasa lebih seksi dengan adanya hal tersebut.

3. Mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah

Dalam kaitannya dengan kesehatan dan manajemen stres, sudah terbukti bagaimana kontak secara fisik dengan orang lain dapat membantu mengurangi stres. Berpelukan, berciuman, atau kegiatan fisik yang bersentuhan lainnya meningkatkan level oksitosin, yang juga berguna sebagai hormon 'ikatan.' Reaksi kimiawi ini bisa membantu mengurangi tekanan darah, yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan juga mengurangi stres dan rasa cemas.

4. Mengikat Ibu dengan bayinya

Berpelukan sehat untuk manusia karena faktor nyata berupa keterikatan emosi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hormon oksitosin adalah neruropeptida yang sangat erat berhubungan dengan kelahiran bayi dan menyusui. Hormon ini mempunyai peranan secara biologis dalam hal ikatan antara ibu dan bayinya.

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa wanita yang tumbuh dengan perasaan keterikatan yang tidak nyaman, akan lebih sukar membentuk ikatan yang aman dengan anak, ataupun dengan pasangannya. Jadi sangat menyehatkan jika kita ingin memulai kedekatan secara emosional, kita mulai dengan berpelukan.

5. Membantu komunikasi lebih baik

Salah satu manfaat terbaik dari berpelukan dan sentuhan non-erotis lainnya adalah membantu masalah komunikasi. Tentunya sudah kita ketahui bahwa memeluk merupakan cara mengatakan 'Aku mengerti kok apa yang kamu rasakan.'

Pelukan membiarkan perasaan kita diketahui oleh pasangan di mana kata-kata kadang tidak mampu menjelaskan. Jadi, akan lebih baik jika kita mengerti bahwa pelukan adalah bentuk komunikasi yang bisa membantu kalian dan pasangan, memiliki hubungan yang lebih kaya dari sebelumnya.