Sunday, March 26, 2017

5 Tips Merawat Kutikula Kuku, Apa saja Yah?

Apakah anda mengetahui dimanakah bagian kutikula kuku anda? Letaknya adalah di sekitar kuku anda, yaitu kulit yang paling dekat dan menutupi bagian samping kuku. Banyak orang yang melakukan perawatan medicure dan pedicure untuk merawat kutikula kukunya agar terlihat cantik dan bersih.

Tugas dari kutikula sendiri adalah melindungi jalur dimana tumbuhnya kuku anda. Jika kuku yang tidak dilindungi oleh kutikula yang bersih dan sehat maka akan mempengaruhi pula kesehatan kuku anda. Nah agar lebih bisa melakukan perawatan terhadap kutikula anda, di bawah ini merupakan beberapa tips merawat kutikula kuku.

Tips Merawat Kutikula Kuk

Panduan Cara Merawat Kutikula Kuku

1. Jangan potong kutikula kuku Anda.

Disinilah kesalahan terbesar dari banyak orang. Jika melihat kutikula kuku mereka nampak kering dan mengganggu banyak yang langsung memotongnya. Padahal tindakan ini sangatlah buruk untuk dilakukan. Bakan menurut dermatologis, kutikula memang sebaiknya tidak dipotong sebab kutikula yang anda ipotong akan dapat memperbesar kemungkinan terjadinya infeksi yang mengganggu pertumbuhan serta keindahan kuku anda. Lebih buruk lagi bahwa pembukaan kulit yang seharusnya tidak perlu terjadi akan menjadi iritasi.

2. Oleskan pelembap di area sekitar kutikula kuku

Jika anda merasa kutikula kering dan sangat ingin memotongnya maka lakukanlah hal berikut. Sebaiknya kutikula anda dioleskan pelembab saja karena memang kutikula tidak memliki tekstur kulit seperti bagian lain dari tangan Anda. Namun memang seharusnya anda menjaga kelembaban kutikula karena jika kelewat kering maka akan sulit bagi anda untuk merawatnya sebab akan menajdi retak dan terkelupas. Olehnya itu menggunakan lotion dan pelembab bisa membantu anda merawat kutikula anda.

3. Hindari melakukan manikur di tempat atau di salon kuku yang tidak terpercaya

Saat anda melakukan perawatn menikur maka janganlah memilih sembarang salon. Anda sebaiknya memilih salon khusus perawatan kuku, yang bisa mengenal dengan betul tretament kuku dan kutikula. Jika perawatan menicure dan pedicure anda tidak sesuai biasanya anda mengalami infeksi yang tidak terkontrol dan membuat kulit di sekitar kuku menjadi berbintik kerah.

4. Lindungi telapak tangan dan kuku dari produk yang dapat menghilangkan kelembapan alami kuku dan telapak tangan

Hindarilah beragam produk yang bisa mengeringkan kulit kuku ana seperti beragam produk seperti sabin pencuci piring. Selain itu adapula napenbersih kuku aseton yang akan mengeringka kulit kuku dengan cepat. Jika anda ingin mencuci piring sebaiknya gunakan sarung tangan agar tangan tidak bersentuhan langsung dengan bahan tersebut.

5. Jangan sering memasukkan tangan ke dalam mulut

Apakah anda lebih senang makan dengan tangan? Jika iya, maka anda sebaiknya anda mengggunakan sendok atau seringkali gantilah antara menggunakan tangan dan sendok. Sebab makan dengan tangan karena rongga mulut merupakan tempat yang sangat banyak mengandung bakteri jahat. Hal ini bisa mempengaruhi terjadinya infeksi pada kutikula kuku.
Itulah beberapa dari tips dan cara agar bisa merawat kutikula kuku dengan baik.