Thursday, March 16, 2017

7 Gejala Orang dengan Kepribadian Ganda, Ketahui Yuk Tanda - Tandanya

Setelah heboh fakta selebriti Marshanda yang dikabarkan memiliki kepribadian ganda, jenis penyakit psikologi ini kemudian banyak dibicarakan. Berkepribadian ganda atau dalam istilah medis dikenal dengan bipolar disorder adalah termasuk ke dalam gangguan suasana hati atau mood yang sangat sulit dipahami penyebabnya.

Sangat sulit pula untuk menebak apakah seseorang memiliki kepribadian ganda tau bipolar disorder. Namun dalam beberapa observasi ada beberapa gejala dari kepribadian ganda yang bisa anda lihat dan perhatikan terjadi pada seseorang. Di bawah ini merupakan beberapa gejala berkepribadian ganda atau juga bisa menjadi gangguan mood.

Gejala Orang dengan Kepribadian Ganda

Berikut Tanda-tanda Seseorang Memiliki Kepribadian Ganda

1. Mood yang naik turun

Anda bisa memperhatikan apakah seseorang memiliki mood yang naik turun. Atau apakah mereka memilki ekspresi perasaan yang berlebihan. Atau biasa disebut dengan hypomania atau euforia, yaitu keadaan dimana sangat ekpresif saat berbahagia namun akan menjadi depresi secara mendadak jika mendapat masalah yang tak dapat ia pecahkan.

2. Tidak mampu menyelesaikan pekerjaan

Jika anda melihat seseorang sangat sulit mengerjakan pekerjaannya sampai selesai dan hanya mampu mengerjakan setengah dari pekerjaannya maka bisa saja ini menjadi salah satu gejala dari adanya kondisi bipolar. Jika orang-orang seperti ini dibutuhkan untuk bekerja efektif maka ia bisa melakukannya ketika sedang ada di dalam fase hypomania. Lebih detil lagi mereka terlihat sulit untuk fokus.

3. Mudah depresi

Saat fase hypomania sudah berlalu, gejala depresi dapat muncul ke permukaan dan mengganggu energi, nafsu makan, pola tidur serta konsentrasi orang-orang yang menderita gangguan bipolar. Meski gejalanya relatif sama dengan orang-orang yang menderita depresi kebanyakan, mengonsumsi antidepresan saja terkadang tidak mencukupi dan tidak mengatasi kondisi ini. Bahkan, konsumsi obat seperti ini malah berpotensi memperburuk kondisi mereka atau membuat mereka seakan terpisah dari kenyataan atau kondisi mania.

4. Mudah emosi dan mudah marah

Gejala dari bipolar juga seringkali memiliki kondisi mixed mania, yaitu gejala bahagia dan depresi pada waktu yang bersamaan. Jika ia berada dalam kondisi ini, maka mereka akan menjadi sangat mudah marah dan kasar. Anda akan sangat sulit untuk mendeteksi gejala bipolar yang satu ini, sebab orang yang normal sekalipun terkadang dapat mengalami emosi yang naik turun seperti ini. Namun, bisa dibedakan bahwa emosi pada penderita bipolar cenderung merusak dan tidak terkontrol, berbeda dengan mereka yang hanya moody saja.

5. Cara berbicara yang cepat

Berbicara dengan tempo yang cepat atau dikenal dengan rapid speech atau pressured speech juga salah satu dari gejala bipolar dan juga biasanya ditandai dengan kecenderungan untuk mendominasi pembicaraan dan terus menerus berbicara.

6. Memiliki masalah di tempat kerja

Gejala lain dari bipolar adalah kecenderungn memiliki kesulitan bekerja di tempat kerja mereka. Hal ini terjadi karena kondisinya membuat mereka sulit datang ke kantor, bekerja dan berinteraksi secara produktif dengan orang lain di kantor. Selain pekerjaan yang selalu terbengkalai, mereka juga akan mudah marah, sulit tidur dan memiliki ego yang tidak terkontrol dalam fase manianya, diikuti dengan depresi di lain waktu.

7.Adanya potensi mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang

Hampir sekitar 50% dari penderita bipolar biasanya berakhir memiliki sangkutan dengan konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang yang digunakan secara berlebihan hingga mengalami kecanduan. Sebab ia percaya bahwa alkohol dapat membantu menenangkan penderita bipolar yang sedang berada dalam fase manianya serta memperbaiki moodnya ketika mengalami depresi.

Itulah beberapa gejala bipolar yang bisa anda lihat pada orang sekitar anda. Terima kasih.