Friday, March 3, 2017

7 Penyakit yang Mudah Menyerang di Musim Hujan, Hindari yuk

Indonesia merupakan negara tropis yang hanya memiliki dua musim yang selalu berganti yaitu musim kemarau dan musim hujan. Di saat musim hujan curah hujan tidak tanggung-tanggung akan meningkat bahkan biasanya menyebabkan banjir dan juga bencana alam lainnya. Ketakutan terhadap musim hujan bukan hanya terjadi pada beragam bencana namun juga pada banyaknya penyakit yang sering muncul seiring berjalannya musim hujan ini.

Beberapa penyakit itu tergolong rutin menyerang banyak orang di musim hujan. Oleh karena itu jika telah memasuki musim hujan maka anda harus melakukan sesuatu untuk menghindari dan mencegahnya. Beberapa penyakit itu sebaiknya anda atasi sebelum menyerang anda. Apa sajakah penyakit yang mudah menyerang di musim hujan? Berikut ulasannya.

Penyakit yang Mudah Menyerang di Musim Hujan

Inilah Jenis Penyakit Yang Mudah Menyerang Saat Musim Hujan

1. Influenza

Tentu saja penyakit ini merupakan penyakit langganan di musim hujan sebab cuaca dingin yang sangat ekstrem. Influenza atau flu adalah penyakit yang sangat menular dan disebabkan oleh virus RNA dari familia Orthomyxoviridae. Untuk beberapa jenis flu maka beberapa flu biasanya mudah diatasi namun jika sudah menjadi akut bahkan biasanya membuat anda harus di opname di rumah sakit.

2. Diare

Diare adalah salah satu jenis penyakit yang mudah muncul disebabkan oleh virus atau racun bakteria. Diare ini adalah penyakit yang juga banyak disebabkan oleh makanan yang pedas dan bersantan. Meski diare hanyalah enyakit yang membuat anda buar air besar yang berlebihan namun anda harus waspada sebab bisa saja membuat anda sampai kekurangan cairan dan menjadikan anda lemas. Oleh karena itu sebaiknya anda juga menghindari makanan yang menyebabkan diare saat musim hujan berlangsung.

3. Disentri

Disentri adalah jenis infeksi yang terjadi pada usus yang sebenarnya adalah awal dari diare. Secara umum disentri dibagi menjadi dua jenis yaitu disentri basiler atau sigelosis yang disebabkan oleh bakteri shigella dan disentri amoeba atau amoebiasis yang disebabkan oleh amoeba (parasit bersel satu) bernama Entamoeba histolytica yang biasanya ditemukan di daerah tropis. Manusia sering terinfeksi karena mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi akibat lingkungan yang kotor.

4. Cacingan 

Cacingan adalah jenis penyakit yang paling sering dialami oleh anak yang biasanya disebabkan oleh cacing kremi, cacing pita, dan cacing gelang. Jangan menganggap remeh penyakit ini sebab banyak sekali dari penderita cacingan yang bisa sampai terenggut nyawanya karena cacing telah menggerogoti seluruh tubuh.

5. Penyakit akibat jamur

Banyak penyakit yang disebabkan oleh jamur seperti tinea circinata atau tinea corporis, tinea favosa, panu, dan sporotrichosis. Tinea circinata sering disebut sebagai kurap dan disebabkan oleh jamur Corporis trichopyton, pada kulit biasanya berbentuk bulat seperti cincin disertai rasa gatal. Hal ini terjadi karena pada musim hujan kulit anda selalu lembab apalagi jika sering kehujanan dan tidak mengeringkannya.

6. Asma

Meski jarang muncul namun di musim hujan penyakit asma sangat besar potensinya untuk menyerang dan timbul kapan saja. Hal ini diebabkan oleh cuaca dingin yang melanda saat musim hujan. Apalagi jika ada pemicu lainnya sebab pasien akan mengalami ISPA. 

7. Demam Berdarah

Tergolong penyakit yang juga sangat berbahaya demam berdarah selalu muncul di musim hujan karena banyaknya sarang nyamuk yang sulit dikendalikan akibat banyaknya genangan air. Sehingga penting bagi anda untuk merapikan rumah dan membuang barang-barang bekas sehingga nyamuk tidak bersarang dan tidak bertelur di tempat tersebut.
Itulah beberapa jenis penyakit yang sering timbul di musim penghujan. Waspadalah dan jaga kesehatan anda dengan baik. Terima kasih.